Belakangan banyak banget akun-akun twitter yang ngetwit 'sendiri' tanpa sepengetahuan si empunya akun. Yak, kemungkinan besar itu tandanya akun tersebut udah jadi korban phishing. Phishing itu sendiri artinya updaya mendapatkan informasi sensitif seperti username dan password. Caranya bervariasi, salah satunya dengan menautkan link dengan headline yang menarik pengguna untuk nge-klik link tersebut. Kemudian pengguna akan diminta memasukkan username dan password mereka, tanpa mereka sadari kalau link halaman tersebut palsu. Akibatnya? Akun pengguna bisa diakses dan dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab. Nah biar aman dari phishing, ada beberapa tips yang bisa temen-temen pelajari.

Pertama, jangan percaya begitu aja dengan link-link yang dishare orang yang nggak dikenal. Jangan asal klik, apalagi kalo kamu diminta masukin ulang username dan password.

Kedua, kalau kamu biasa log in twitter via mobile, pilihlah twitter-clients yang udah populer. Misalnya, tweetdeck, ubersocial, echofon, dll.

Ketiga, selalu pastiin url yang tertera di url bar browsermu sudah benar. Misalnya untuk twitter, urlnya twitter.com. Biasain juga gunain https di depan url (misal https://twitter.com). https menjamin bahwa website yang kamu kunjungi tersebut secured dan verified, sehingga informasi log in yang kamu masukkan terjamin keamanannya. So, sebelum kalian keburu masukin username dan password akunmu, pastiin kamu udah ngecheck url-nya dengan benar.

Berikut ini nih contoh website yang tampilannya dibuat sama persis seperti tampilan awal twitter, sehingga bisa mengecoh pengguna. Perhatikan url website tersebut sebenarnya tidak terkait dengan twitter.com. Ini merupakan salah satu metode phishing atau scam yang banyak dilakukan.

Kalo twitter kamu udah mulai ngetwit 'sendiri' tanpa sepengetahuanmu, langsung revoke akses aplikasi-aplikasi yang terkait dengan akun twittermu. Caranya ;

- Log in via web twitter.com
- Klik lambang gear di pojok kanan atas, lalu pilih setting
- Setelah itu, pilih menu Apps
- Terakhir, revoke access semua aplikasi-aplikasi yang terhubung, baik yang dikenal apalagi yang tidak dikenal. Aplikasi dapat kembali digunakan dengan cara log in ulang pada aplikasi tersebut.
Setelah langkah-langkah tersebut selesai, jangan lupa ganti password kamu dengan yang baru. Usahakan passwordmu merupakan kombinasi angka, huruf dan symbol, sehingga sulit ditebak orang lain. Biar lebih aman, tautkan nomor hapemu dengan akun twittermu sehingga kalau sewaktu-waktu kamu tidak bisa mengakses atau log in ke akun twittermu, twitter bisa membantu melalui nomor hapemu. Caranya, klik MOBILE pada menu setting.

Selamat mencoba (: