Hi pals, udah Senin lagi nih. Maaf ya minggu lalu English Club-nya tertunda karena ada beberapa gangguan tekhnis :b Minggu ini kita mulai lagi kelasnya, kita coba ngebahas tips buat wawancara kerja dalam bahasa Inggris. Sebenernya wawancara kerja dalam bahasa Inggris nggak jauh beda dengan interview kerja bahasa Indonesia. Si penginterview biasanya nanya kita dapat info lowongan kerja dari mana sebagai ice-breaking atau pembuka. Pertanyaannya kira-kira kayak gini nih :
- How do you get information about vacancy in our company? 
Jawab aja sesuai dengan sumber tempat kita mendapatkan informasi lowongannya, entah itu koran, internet, iklan tv atau lain-lain. Dalam bahasa Inggris, kamu bisa jawab dengan contoh kayak gini :
- I get the information from newspaper
Setelah pertanyaan pembuka, pewawancara mungkin menanyakan alasan melamar di perusahaan tersebut.
- Why are you applying for this job?
Kamu jawab dengan alasanmu, misalnya "I want to improve my skill" (Saya ingin meningkatkan kemampuan saya), atau alasan lain sesuai yang kamu ingini.
Berikut beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyain pewawancara dalam wawancara kerja dalam bahasa Inggris, seperti yang tadi saya bilang memang pertanyaannya nggak jauh beda sama interview dalam bahasa Indonesia.
- Please tell me about yourself!
Jawab pertanyaan ini dengan deskripsi tentang diri kamu, mulai dari nama, pendidikan, status, keahlian, dan penjelasan-penjelasan lain yang sesuai. Karena ini mengenai diri kamu sendiri, tentu lebih gampang ngejelasinnya. Jawab pertanyaan dengan singkat dan jelas, kalau memang penjelasanmu masih kurang si pewawancara pasti akan menanyakannya di pertanyaan berikut.
- What's your major?
Pertanyaan ini muncul kalo pas kamu jawab pertanyaan sebelumnya, kamu belum nyebutin gelar. Atau mungkin karena pewawancaranya iseng, udah dijawab dipertanyaan sebelumnya tapi masih ditanyain lagi. Jawab aja dengan pendidikan terkahir, gelar dan bidang pendidikan yang kamu ambil.
- Have you ever worked before? Where?
Kalau kamu sudah pernah bekerja sebelumnya, jawab dengan Yes dan jelaskan nama perusahaan dan jabatan terkahir. Tambahkan juga lamanya pengalaman kerja yang pernah kamu jalani di perusahaan tersebut.
- Why do you leave your previous job?
Pertanyaan ini muncul setelah kamu menjawab pertanyaan sebelumnya, kemukakanlah alasan kenapa kamu keluar dari pekerjaan sebelumnya. Hindari menjawab dengan mendeskreditkan perusahaan atau atasan di tempat kerja lamamu, jawablah dengan alasan yang logis dan meyakinkan.
- How do you consider your strengths and weaknesses?
Ini berarti si pewawancara menanyakan kelebihan dan kekuranganmu, well berarti ini jawabannya balik lagi mengenai dirimu sendiri. Jelaskan apa kelebihanmu yang paling dominan, dan kekurangan yang paling sering membuat kamu merasa tidak percaya diri atau semacamnya.

Biasanya si pewaeancara juga menanyakan apa kita tahu mengenai perusahaan tempat kita ngelamar ini, untuk mengantisipasinya jangan lupa buat cari informasi mengenai profil perusahaan tersebut, analisa dan pahami agar bisa ngejawab pertanyaan dengan lancar dan mudah. Biar berasa profesional, jawab pertanyaan dari pewawancara dengan santai, jelas, dan jangan gugup. Jangan lupa latihan di depan kaca biar nggak kaku ngejawabnya, well mungkin pertanyaan dari pewawancara nggak sama persis dengan yang ada di Kalau kamu berhasil meyakinkan si pewawancara, mudah-mudahan setelah interview kamu bakal langsung ditelpon pihak perusahaan buat kerja di hari berikutnya :D

Semoga tips-nya bermanfaat ya pals. Jangan lupa sama yang satu ini "practices make perfect". Mungkin interview pertama masih berasa banget gugupnya, tapi semakin sering kamu nyoba pasti kedepannya bakal berasa lebih mudah ;)