Hi pals, ketemu lagi nih kita di English Club minggu ke tujuh. Minggu ini kita bakal ngebahas materi yang ringan-ringan dulu. Eits, tapi materi ini bisa jadi modal dan motivasi buat belajar Bahasa Inggris lebih semangat lagi ;)
Kali ini kita bakal ngebahas tips-tips seru untuk belajar dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu. Apa saja tipsnya? Mari kita bahas satu persatu :D

Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari
What? Setiap hari? Emang nggak bikin mumet tuh? Eitss santai dulu, yang dimakasud belajar Bahasa Inggris setiap hari bukan berarti harus mempelajari materi-materi sulit. Yang dimaksudkan di sini, kita setiap hari ngumpulin kosa kata baru. Anggaplah ngapalinnya 10 kata baru perhari, tiap hari Senin sampe Jum’at. Pas weekend, kita evaluasi lagi kosa kata yang udah kita hapalin. Dengan kayak gini, kita bakal makin kaya dengan kata-kata dalam Bahasa Inggris, yang bakal jadi modal untuk berbicara atau menulis Bahasa Inggris dengan baik dan benar ;)

Belajar Dengan Membaca
Ada pepatah Bahasa Indonesia mengatakan, banyak baca banyak tahu. Dengan banyak membaca, kita bakal mendapatkan pengetahuan baru. Begitupun dalam Bahasa Inggris, dengan banyak membaca, entah itu koran, cerpen, majalah atau yang lainnya, bakal ningkatin pengetahuan kita tentang Bahasa Inggris. Baik itu cara membentuk kalimat, cara penulisan, bahkan kita juga bakal diperkaya istilah dan kosa kata baru. Cobalah baca suatu artikel, dan coba pahami maksud keseluruhan artikelnya dengan menebak cerdas. Jangan lupa pilih topik yang menarik, biar ngebacanya nggak bosen.

Nonton Sambil Belajar Bahasa Inggris? Bisa!!
Pilihlah film berbahasa Inggris favoritmu, tonton berkali-kali sampe kamu hapal dialog dalam filmnya. Tonton film Bahas Inggris dengan subtitle Bahasa Inggris pula. Lah kok? Terus gimana mahamin jalan ceritanya? Tenang, kan tujuan nonton ini sekaligus buat belajar. Setelah kamu hapal dialognya, kamu bakal mudah memahami ceritanya kok.
Siapkan kertas dan pulpen buat nyatet kata atau istilah penting yang berguna buat dipelajari. Dengan belajar sambil nonton, kamu juga bakal ngedapetin referensi cara pengucapan yang benar dari kata-kata berbahasa Inggris.  Kalo bisa belajar sambil senang, senang, kenapa nggak kita lakuin dari sekarang? ;)
Belajar Lewat Lagu
Nah yang satu ini nih yang paling efektif buat memperkaya vocabulary kita. Menghapal lirik lagi biasanya gampang dilakuin. Kalo lagu Bahasa Inggris? Sama aja. Caranya, cari dulu liriknya, baca, dan pahami makna liriknya. Kamu nggak harus mengartikan semua liriknya, cukup diinget kata-kata yang ingin kamu pahami maknanya. Buat memperkaya vocabolary, dengerin terus lagunya berkali-kali. Biar nggak bosen, pilihlah lagu yang emang udah jadi favoritmu.
Pasang Target
Biar sukses, kita emang harus pasang target. Nggak harus muluk-muluk, cukup targetkan buat belajar 10 kata perhari, belajar 15 menit sehari, dengerin lagu atau nonton film berbahasa Inggris, dan jangan lupa baca artikel berbahasa Inggris.
Motivasi Diri Kita Sendiri
Bosen? Pasti kadang kita bakal ngerasa bosen karena harus belajar tiap hari. Nah, motivasi diri kamu biar bosennya ilang. Coba belajarnya diselingi, nggak Cuma baca, nonton, atau dengerin musik, tapi coba juga game berbahasa Inggris. Kalo tetep bosen? Suntik motivasi kamu dengan aspek positif belajar bahasa Inggris.
Jangan Maksa
Belajar 15 menit justru akan lebih efektif dibandingkan belajar dua jam, asalkan rutin dilakukan setiap hari. Nggak bakal berat meluangkan waktu 15 menit untuk belajar Bahasa Inggris, jangan dilebihin. Makin hari kamu bakal makin seneng belajar Bahasa Inggris, dan nemuin cara yang lebih seru dalam belajar bahasa Inggris.
Kasih Penghargaan Buat Diri Sendiri
Menghargai usaha sendiri tentu lebih mudah dibanding mengharapkannya dari orang lain. Setelah belajar, treat yourself to something good. Caranya? Dengan main game, makan ice cream atau coklat, dan banyak cara-cara lainnya.
Belajar Bareng Temen
Ngerjain PR bareng, main game bahasa Inggris bareng, atau bertukar ide bareng temen juga bisa dijadiin cara seru belajar Bahasa Inggris. Siapa tau temenmu punya cara yang lebih asyik untuk belajar Bahasa Inggris, atau justru kamu bisa ngasih dia saran cara belajar Bahasa Inggris asik yang kamu temuin.

Nah kalo udah nemu cara asyik buat belajar, pasti kamu bakal bisa ngatasin rasa bosen atau rasa males buat belajar. So, find your own planet on learning English. Once you find it, you’ll have a better and smarter English. Selamat mencoba :D

Download versi PDF artikel ini di sini : English Club Week 7 - Tips on Learning English

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah, mohon maaf jika terdapat kesalahan baik dalam pengetikan maupun penyampaian. Koreksi, kritik, dan saran silahkan teman-teman kirimkan melalui Comment Box atau e-mail ke gegedanish@gmail.com. Terima kasih (: